Elfi's Blog

Hukum Belajar Bahasa Arab

[b]Hukum Belajar Bahasa Arab - [/b][font='Times New Roman', serif]Belajar atau menuntut ilmu memang tidak ada batasan. Semua orang berhak untuk belajar apapun yang mereka inginkan tanpa ada batasan umur maupun objek belajar. Sebagai orang [url=http://www.sujud.net/]islam[/url] yang berkutat dengan bacaan yang berbahasa arab, maka sudah selayaknya kita untuk mempelajari bahasa arab.[/font]
Akan tetapi, bagaimanakah islam memandang tentang hukum belajar bahasa arab? Berikut ulasannya.
[b]Hukum belajar bahasa arab[/b]
Sebagai orang islam, hampir setiap saat kita berhubungan dengan bacaan-bacaan yang menggunakan bahasa arab. Mulai dari bacaan sholat, dzikir semuanya menggunakan bahasa arab. Walaupun diperbolehkan menggunakan bahasa lain sesuai yag kita mampu, namun yang terbaik tetap menggunakan bahasa arab.
Selain itu, al-quran, yang dijadikan sebagai pedoman dan sumber hukum umt islam juga menggunakan bahasa arab. Maka dari itu, mempelajari bahasa arab adalah fardhu kifayah bagi orang islam. Hal ini untuk memudahkan memahami makna dan kandungan al-quran sehingga kita tidak termasuk orang yang sesat.
[b]Manfaat mempelajari bahasa arab[/b]
Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Al-Quran yang menjadi pedoman hidup umat islam menggunakan bahasa arab. Maka dari itu penting bagi kita untuk mempelajari bahasa arab agar kita tidak salah memahami makna dari al-quran tersebut.
Akan tetapi dalam memahami makna [url=http://www.sujud.net/]Al Quran[/url] tidak hanya cukup dengan mengerti bahasa arab saja. Kita juga harus mempelajari ilmu nahwu dan juga shorof untuk memudahkan kita menafsirkan setiap kata yang ada di Al Quran sehingga kita tidak salah memaknai kandungan Al Quran.
Selain itu rukun islam yang kelima yaitu ibadah haji dilakukan di negara Mekkah dan Madinah yang notabene menggunakan bahasa arab sebagai bahasa sehar-hari mereka. Maka jika kita bisa bahasa arab akan sangat membantu kita saat kita menjalankan haji nanti.
Sebagaimana yang dijelaskan dalam mahfudlot  Kejarlah ilmu walau sampai ke negari China. Maka dari itu jangan bosan untuk tetap belajar apapun yang ingin anda tahu. Semakin anda belajar maka anda akan menjadi orang yang semakin bijak.
Baca Juga : [color=rgb(54, 54, 54)][font=Lato, Helvetica, sans-serif][url=http://www.kiwibox.com/indomantab/blog/entry/136359761/sejarah-dan-asal-mula-terjadinya-maulid-nabi/?pPage=0]Sejarah dan Asal Mula Terjadinya Maulid Nabi[/url][/font][/color]

Must be logged in to comment.